Hadiri Peringatan Isra Miraj, Ini Pesan Bupati Waykanan pada Masyarakat Kasui

Headline Way Kanan


WAYKANAN – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menghadiri Pengajian dalam rangka peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1441 Hijirah, dan Peresmian Masjid Baru di Kampung Tangkas dan Kampung Kota Way, Kecamatan Kasui, Selasa 10 Maret 2020.

Dalam sambutannya, Bupati Waykanan menyambut baik Pengajian tersebut, karena sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah dan membangun tali Ukhuwwah Islamiyah. Dengan terjalinannya persaudaraan yang kuat dan dilandasi akidah serta iman berdasarkan agama yang murni, Insya Allah mampu mempersatukan umat Islam.

“Peringatan Isra Miraj Nabi Agung Muhammad SAW ini sebagai satu peristiwa yang sangat luar biasa, yakni perjalanan Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam dari Makkah ke Baitul Maqdis, kemudian ke sidratul muntaha menghadap Pencipta alam semesta dan Pemeliharanya,” ujarnya.

Peristiwa ini, lanjut bupati, tidak akan dilupakan kaum muslimin, karena perintah sholat lima waktu sehari semalam diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW pada saat Isra dan Miraj. Tiang agama ini tidak akan lepas dari peristiwa Isra dan Miraj Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam. Hal ini terjadi antara bulan sebelum Rasulullah SAW diperintahkan untuk melakukan hijrah ke Yatsrib (Madinah).

Dijelaskamnya, Allah SWT mengisahkan peristiwa agung ini di Surat Al-Isra ayat pertama yang berbunyi: “Maha Suci Allah Yang telah memperjalankan hambanya pada suatu (potongan) malam dari masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”.

“Saya berharap peringatan Isra Miraj maupun hari besar Islam lainnya agar senantiasa dilaksanakan, dalam rangka meningkatkan kualitas iman dan ibadah kita, serta bisa menambah ketaatan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, sehingga kita semua mampu memberi ketauladanan bagi yang lain, serta mampu menjadi panutan bagi anak-anak kita,” pesan bupati.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang memiliki prakarsa untuk melaksanakan pembangunan Masjid tersebut. Semoga segala yang telah dicurahkan untuk pembangunan masjid, menjadi amal jariyah bagi bapak/ibu sekalian.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam ajaran islam, Masjid merupakan sebaik-baik tempat di muka bumi ini. Jika kita membuka sejarah Rasulullah, mendirikan masjid adalah salah satu dari tujuh langkah strategis yang dilakukan rasul dalam membangun masyarakat Madani. Konsep mendirikan masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah, atau tempat berkumpul, namun masjid juga memiliki peran untuk membangkitkan kekuatan rohaniah,” katanya.

Di zaman Rasulullah, Masjid berfungsi sebagai markas mengatur strategi peperangan, dan zaman sekarang dapat difungsikan sebagai tempat musyawarah untuk menstrategikan pembangunan di setiap kampung. Mengingat selama ini masjid bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah semata, melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat Islam.

“Saya berharap masyarakat yang ada disekitar masjid baru ini untuk bersama-sama memakmurkan dan menjadikannya sebagai pusat kebudayaan dan pengetahuan kajian ilmu Islam. Bukan hanya mendirikannya saja, namun tanggungjawab besar bagi kita bersama, adalah untuk memakmurkannya,” ungkap orang nomor satu di Kabupaten Waykanan itu. (Hifni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *