Meluapnya Sungai Belu Akibatkan Tanah Lonsor di Perbatasan Pekon Muara Dua dan Pekon Ngarip

Headline Tanggamus

Meluapnya Sungai Belu Akibatkan Tanah Lonsor di Perbatasan Pekon Muara Dua dan Pekon Ngarip

LIPSUSNEWS.COM – Hujan Deras di Wilayah Kecamatan Ulu Belu Tanggamus, mengakibatkan meluapnya kali Belu di Pekon Gunung 3 Kecamatan setempat, kemarin Sabtu (16/2/19) siang.

Selain banjir, hujan deras juga membuat longsor longsor di jalan perbatasan Pekon Muara Dua dan Pekon Ngarip tersebut.

Hal itu diketahui berdasarkan keterangan Kapolsubsektor Ulu Belu Polres Tanggamus Brigadir M. Manurung.

“Derasnya air di Sungai Way Belu masuk ke persawahan warga, kemarin Sabtu diperkirakan ketinggian sekitar 1 meter, mengakibatkan terendamnya 6 hektar sawah yang terdiri dari 3 hektar sawah siap panen kemudian 3 hektar sawah sedang bunting,” ungkap Brigadir Manurung mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM melalui sambungan telfon, Minggu (17/2/19).

Lanjutnya, selain menggenangi persawahan itu juga, air menggenangi rumah papan milik warga setempat yang berada di sekitar pesawahan. “Saat ini air sudah mulai surut,” ujarnya.

Dikatakan Brigadir Manurung, akibat hujan deras juga terdapat laporan jalan longsor di perbatasan antara Pekon Pagar Alam dan Pekon Ngarip.

“Longsoran sekitar 10 meter, Cuaca saat ini hujan deras, Polsek Pulau Panggung Polres Tanggamus masih menuju lokasi longsor,” tandasnya.

Terpisah seorang warga yang melintasi Jalan Ulu Belu, Ifan mengatakan bahwa longsoran juga terjadi di Pekon Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung namun saat ini telah dibersihkan alat berat pertamina.

Lanjutnya, untuk longsor di perbatasan Pekon Pagar Alam dan Ngarip, menurutnya juga sudah dibersihkan oleh alat berat pertamina.

“Namun tadi saya mendapat informasi, longsor juga terjadi di Pekon Gunung Sari, tetapi kondisinya saya belum tau jelas. Nanti saya bantu mencarikan informasi sebab saat ini masih hujan deras belum berani keluar,” imbuhnya. (rls).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *