Kwarda Lampung Laksanakan Pembinaan Pramuka Peduli Kwarcab Mesuji

Mesuji RUWAI JURAI

Kwarda Lampung Laksanakan Pembinaan Pramuka Peduli Kwarcab Mesuji

LIPSUSNEWS.COM, Mesuji, __ Setelah melakukan pembinaan Pramuka Peduli di Kwartir Cabang Tulang Bawang Barat, Kwartir Daerah Lampung melanjutkan pembinaan Pramuka Peduli ke Kwartir Cabang Mesuji, Minggu 30 September 2018 di sekretariat Kwartir Cabang Mesuji.

Waka VII Bidang Abdimasgana Kwarda Pramuka Lampung; Kak Sumarju Saeni menghimbau kepada Kwarcab Mesuji untuk dapat segera melaksanakan bumbung kemanusiaan bagi korban gempa dan tsunami yang melanda Sulteng Palu-Donggala. Selain itu, kegiatan pramuka peduli di Kwarcab Mesuji harus ditingkatkan kembali dan diharapkan dapat lebih peduli kepada masyarakat dan lingkungan.

Agar kegiatanvPramuka peduli dirasakan manfaatkan disarankan berkolaborasi dengan instansi-instansi terkait dan mengikut sertakan masyarakat secara aktif.
“Dalam kegiatan hendaknya minta dukungan Dinas/Instansi terkait serta mengajak organisasi sosial/kemasyarakatan seperti Karang Taruna, Risma, dll”.katanya.

Dengan adanya penguatan Pramuka Peduli diharapkan image kegiatan pramuka dimata masyarakat dapat berubah bahwa Pramuka selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan Pramuka selalu jadi yang terdepan. pungkasnya.

Kak Suparna selaku Kapusdiklatcab Mesuji membuka kegiatan Pembinaan Pramuka Peduli secara resmi. Lebih lanjut, Kak Suparna menyampaikan bahwa Unit Pramuka Peduli di Kwarcab Mesuji sudah terbentuk, namun tidak aktif (vakum). Tahun ini akan ada rencana perubahan pengurus, agar Pramuka Peduli Kwarcab Mesuji kembali aktif dan mampu melaksanakan kegiatan kembali.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mesuji; Kak Suhaimi mengharapkan pramuka peduli Kwarcab Mesuji dapat dengan sigap dan tanggap dengan adanya masalah sosial dan bencana yang melanda di sekitar masyarakat.
Kak Suhaimi memberikan keleluasan kepada Pramuka Peduli untuk bekerjasama. Diinformasikan mitra kerja Dinsos Mesuji yang bisa dikolaborasikan programnya dengan Pramuka Peduli antara lain Tagana, TKSK, PSM, dll.
“Silahkan Kwarcab Pramuka apabila diperlukan dalam kegiatan menggunakan inventaris yang ada di Dinas Sosial seperti Tenda, Mobil Dapur Umum, Truk Tangki Air, dll” katanya.

Suhaimi dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih beliau kepada kakak kakak yang telah memberikan bantuan sumbangan Bumbung Kemanusiaan untuk korban gempa Lombok yang lalu.

Para peserta sangat antusias dalam berdiskusi terkait bagaimana cara untuk mengaktifkan kembali unit Pramuka Peduli dan memotivasi para anggota agar aktif pada kegiatan pramuka peduli di Mesuji. Saat ini, Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Mesuji adalah Kakak Hasan Basri dengan Wakil Ketua Pak Hartoyo. Semoga dengan adanya pembinaan Pramuka peduli oleh Kwarda Lampung, Pramuka Peduli Kwarcab Mesuji dapat memberikan semangat baru untuk aktif melakukan berbagai kegiatan aksi pramuka peduli.

Pembinaan Pramuka Peduli dilakukan oleh Wakil Ketua VII Bidang Abdimasgana Kwarda Lampung kakak Drs. Sumarju Saeni, M.Sc., Sekretaris Bidang Abdimasgana Kakak Yuliana Saleh, S.P., M.Si., Andalan Daerah Urusan Pramuka Peduli Kakak Muhammad Darja, S.Sos., dan Andalan Daerah Urusan Pengabdian Masyarakat kakak Arif Vivi Aningsih, S.Si.

Nampak hadir dalam kegiatan ini antara lain Kapusdiklatcab Mesuji, Sekretaris Kwarcab, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mesuji, para andalan cabang, DKC Mesuji, para pembina pramuka dan penegak Mesuji.

Di akhir kegiatan, Kak Sumarju Saeni menyerahkan kaos dan topi pramuka peduli secara simbolis kepada peserta pembinaan pramuka peduli. Rombongan Kwarda Lampung dan Kwarcab Mesuji melakukan peninjauan ke lokasi bumi perkemahan Kwarcab Mesuji seluas 4,3 hektar.

Satyaku Ku darmakan, Darmaku ku baktikan.. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia..

(Red)