Kuatkan Kerukunan Agama, Kemenag Kota Bandar Lampung Gelar Dialog Lintas Agama

RUWAI JURAI

Kuatkan Kerukunan Agama, Kemenag Kota Bandar Lampung Gelar Dialog Lintas Agama

LIPSUSNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG— Untuk menjaga toleransi beragama dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan negara, serta saling menghormati antar beragama, Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung Drs. Hi. Seraden , M.H. membuka Dialog Lintas Agama bersama para tokoh agama di ikuti 40 peserta dari perwakilan umat Islam, Hindu, Budha, Katolik dan Kristen, bertempat di aula Sakinah KUA Kecamatan Panjang Kota Bandarlampung, Kamis, ( 27/9/2018).

Dialog Lintas Agama tersebut mengusung tema “ Melalui Dialog Lintas Agama Kita Optimalkan Toleransi Dalam Menjaga Kerukunan Dan Semangat Persaudaraan Di Kota Bandar Lampung ”

Hadir pada kegiatan ini Kasat Binmas Polresta Bandarlampung, Kasubag TU Kemenag Kota Balam, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kota Balam, Kepala KUA Kecamatan Panjang dan Panitia.

Kepala Kamenag Kota Bandarlampung Drs Hi, Seraden ,M.H menyatakan ” Menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya forum Dialog Lintas Agama ini. Sebab, di samping sebagai langkah strategis dalam membangun semangat kebersamaan, juga dalam rangka menyamakan visi pembangunan daerah, sehingga dapat melakukan deteksi dini guna mencegah terjadinya konflik komunal yang dikhawatirkan muncul di daerah ini, ” ujarnya kepada Karyanasional.com.

” Realita yang terjadi di Indonesia saat ini memang menunjukkan gejala adanya konflik. Tak hanya di media massa, tetapi juga di sejumlah kalangan masyarakat, ” ujarnya lagi.

” Potensi negatif ini hendaknya dapat diantisipasi, apalagi tahun ini akan diadakan pemilu Pileg, dan Pilpres pada 2019 mendatang. Untuk itu perlu diselenggarakan dialog lintas agama sebagai bentuk respon cepat guna mejaga, melindungi, dan memelihara ketentraman serta ketertiban masyarakat,” lanjut Seraden.

Kegiatan dialog lintas agama ini diikuti oleh 20 Kantor Urusan Agama se – Kota Bandarlampung dan dibagi menjadi dua agenda, masing- masing agenda 10 KUA.

Dialog Lintas Agama di KUA Kecamatan Panjang ini merupakan yang kedua kalinya, karena yang pertama telah dilaksanakan di Kemenag Kota Bandarlampung.

Pada hari ini ( Kamis,27/9/2019) yang mengikuti dialog lintas agama Sebanyak 10 perwakilan KUA yaitu Kecamatan Panjang, Bumi Waras,Teluk Betung Selatan, Teluk Betung Utara, Teluk Betung Timur,Teluk Betung Barat, Kedamaian,Tanjung Karang Timur, Tanjung Karang Pusat, dan Kecamatan Enggal. Untuk yang belum akan menyusul kemudian, ” pungkasnya.

(Red)