Loekman: Kunjungan Kapolda Saya Simbolkan Lampung Tengah Semakin Aman

Lampung Tengah RUWAI JURAI

Loekman: Kunjungan Kapolda Saya Simbolkan Lampung Tengah Semakin Aman
Bupati Lampung Tengah Hi. Loekman Djoyosoemarto dan Kapolres AKBP. Slamet Wahyudi, saat menyambut kunjungan kerja Kapolda Lampung Irjen Polisi Purwadi Arianto di Mapolres Lamteng, Selasa (25/09/2018).

LIPSUSNEWS.COM, LAMPUNG TENGAH— Bupati Lampung Tengah Hi. Loekman Djoyosoemarto bersama Kapolres Lamteng AKBP. Slamet Wahyudi dan jajaran Forkopimda setempat menyambut kunjungan kerja Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi. Drs. Purwadi Arianto, M,Si., di Mapolres Lamteng, Selasa (25/09/2018).

Kunjungan kerja Kapolda Lampung beserta rombongannya di Mapolres Lampung Tengah dalam rangka tatap muka dan silaturahmi dengan jajaran Kepolisian Resort (Polres) Lamteng.

“Tujuan saya hadir disini adalah untuk bersilaturahmi dengan anggota di Mapolres Lamteng. Sekaligus menyerap harapan masyarakat terhadap kepolisian,” ujar Kapolda.

Dalam arahannya, Irjen Polisi. Purwadi Arianto juga menjelaskan, bahwa tugas kepolisian sudah banyak berubah, bukan hanya melakukan penegakan hukum, dan memberikan pelayanan. Namun juga menjaga kualitas masyarakat produktif serta mengayomi dan memberi perlindungan kepada masyarakat, dengan harapan tugas negara kedepan semakin demokratis dan tututan masyarakat semakin banyak.

“Untuk itu saya mohon doa restu, kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda Lampung Tengah, untuk membantu saya dalam menjalankan tugas,” harapnya.

Biasanya, lanjut Kapolda, tuntutan masyarakat yang pertama adalah ingin dilayani dengan baik, kalau ada masalah jangan di persulit. “Kalau di survei 101, seimbang dengan harapan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut kata Kapolda, tidak mudah kita mendapat kepercayaan kepada masyarakat. Biasanya kepolisian mendapatkan kepercayaan ada dua faktor, pertama kepolisian tulus dan iklas, kedua berbuat tanpa imbalan.

“Ketulusan itu mengarakan hati, kecepatan itu mengarakan tangan dan kaki. Jika hati sudah tergerak maka tangan dan kaki akan bergerak. Semua masalah sosial dan kriminalitas dan masalah lain bisa diselesaikan dengan baik. Sehingga wajah Polres dekat dan bersabahat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, strategi kebijakan polisi harus proaktif tidak menunggu ada kasus ada masalah. Polisi juga harus bisa jemput bola untuk memberikan pelayanan maksimal kepada nasyarakat.

“Kerja polisi harus jemput bola meniadakan kejahatan sebelum berkembang lebih tinggi,” tegasnya.

Kemudian kepolisian harus patnersif (kemitraan), jumlah polisi tidak banyak, tidak pinter, sarana terbatas anggaran terbatas, sehingga kerjanya harus bermitra dengan masyarakat tokoh adat tokoh masyarakat tokoh pemuda dan media.

“Kalau bermitra sinergi satu kata untuk semua. Kerja kelompok lebih baik dari pada seorangan. Kepolisian juga harus bisa memecahkan masalah di tengah masyarakat, dan mencari solusi. Saat ini hanya pegadaian, tapi saat ini harus bisa polisi menyelesaikan masalah tanpa masalah. Dibantu dari TNI, instasi, tokoh adat, masyarakat dalam menyelesaikan masalah konflik.” pungkasnya.

img-20180925-wa0034-kns-36387_ljmrom.jpg

Dikesempatan yang sama, Bupati Lamteng Hi. Loekman Djoyosoemarto menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolda Lampung, Irjen Polisi. Purwadi Arianto, yang telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Tengah.

“Kunjungan kerja Kapolda Lampung tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua. Semoga ini dapat mempererat tali silaturahmi kita, antara pemerintah, polisi dan masyarakat,” harap orang nomor satu di Kabupaten Lampung Tengah ini.

Menurut Loekman, kunjungan Kapolda Lampung ke Mapolres Lampung Tengah menyibolkan situasi keamanan di kabupaten berjuluk Bumi Beguai Jejamo Wawai ini semakin aman dan kondusif. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pencegahan guna meminimalisir kejahatan di Lamteng.

“Kunjungan Kapolda ini saya simbolkan Lampung Tengah semakin aman. Semenjak Kapolres AKBP. Slamet Wahyudi menjabat, tingkat kejahatan dan kriminalitas di Lamteng juga terus menurun. Ini membuktikan bahwa Pemerintah dan Kepolisian sudah bekerja keras dalam memberikan keamanan dan kenyamanan pada masyarakat.” ungkapnya.

img-20180925-wa0032-kns-38840_mdudg3.jpg

Untuk diketahui, dalam kunjungan kerjanya, Kapolda Lampung Irjen Polisi. Purwadi Arianto beserta rombongan melihat Command Centre yang ada di Polres Lamteng. Kemudian Kapolda juga melakukan pemusnahan senpi rakitan hasil Oprasi Sikat 2018 sebanyak 15 pucuk, yang berhasil diamankan dan diserahkan masyarakat ke Mapolres, dengan dihadiri Bupati Lamteng Hi. Loekman Djoyosoemarto, dan jajaran Forkopimda Lamteng beserta masyarakat.

(Mujahit)