Sumarsono Ajak Petani Onoharjo Gropyokan

Lampung Tengah RUWAI JURAI

Sumarsono Ajak Petani Onoharjo Gropyokan

LIPSUSNEWS.COM, Lampung Tengah_ Untuk mengurangi gangguan hama tikus yang akan merusak tanaman padi, anggota Komisi II DPRD Lampung Tengah Sumarsono, mengajak para petani sawah, mengadakan pembasmian hama tikus dengan cara gropyokan.

Kegiatan gropyokan tikus ini, berlangsung diseputaran lahan sawah milik masyarakat petani, yang ada di Kampung Onoharjo, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah (Lamteng), Minggu (29/7/2018).

“Kita ajak masyarakat petani untuk mengurangi gangguan hama tikus, yang selalu jadi momok menakutkan saat tanaman padi mulai berisi,” kata Sumarsono.

Cukup memuaskan, dalam kegiatan bareng yang diikuti puluhan petani sawah itu, sebanyak 120 ekor hama tikus berhasil dibasmi. Aksi perburuan tikus itu, menggunakan peralatan sederhana seperti kayu, belerang dan kompor gas.

Ditambahkannya, kegiatan inisiatif para petani hasil reses dengan Anggota DPRD Lamteng, kegiatan yang dimulai sekitar pukul 07.30 Wib. hingga pukul 11.00 Wib., cukup menggembirakan dengan ratusan ekor hama tikus berhasil dibasmi.

“Kegiatan kita, murni atas inisiatif masyarakat petani, hasil reses kita dengan masyarakat, dan tidak ada bantuan dari dinas Pertanian ataupun Pemkab Lamteng,” ujarnya.

Dijelaskan Sumarsono, hama tikus yang tidak mau keluar dari lubangnya, dilakukan pembasmian dengan cara memasukan belerang ke dalam lubang, lalu dibakar dengan menggunakan api yang berasal dari tabung gas elpigi 3 Kg, dengan menggunakan spuyer bertangkai panjang.

“Kita coba bantu petani dengan cara sederhana, tapi manfaatnya sangat efektif. Dengan cara ini, kita dapat meminimalisir kerugian petani, akibat gangguan hama tikus,” pungkas Sumarsono.

(Mujahit)