Wabup Loekman Canangkan Pelaksanaan Kampanye Imunisasi

Lampung Tengah RUWAI JURAI

Wabup Loekman Canangkan Pelaksanaan Kampanye Imunisasi

LIPSUSNEWS.COM, Lampung Tengah_ Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto melakukan Pencanangan Pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measless Rubella (MR) Tahun 2018, di Hotel Spak Bandar Jaya, Jumat (13/07/2018).

Dalam acara tersebut turut dihadiri Unsur Forkopimda Pemkab Lampung Tengah, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dharma Wanita, serta Camat Se-Lampung Tengah dan tenaga Medis.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mengatakan, tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah.

“Melalui Imunisasi dengan vaksin MR ini adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Yaitu satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus,” ujar Wabup Loekman.

lebih lanjut Loekman menjelaskan, Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental, yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

“Rubella sendiri adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama,” terangnya.

Untuk itu, Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto berharap, para Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lampung Tengah beserta jajarannya agar saling bekerjasama untuk menyukseskan pelaksanaan Kampanye MR tahun 2018. Ini karena pada bulan Agustus-September mendatang diharapkan seluruh sasaran sudah mendapatkan pelayanan imunisasi.

Sedangkan untuk sasaran yang belum datang agar dilakukan sweeping dalam kurun waktu maksimal satu minggu.

“Saya atas nama Pemkab Lampung Tengah siap mendukung Camat dan Tenaga Medis ditempat kerjanya masing-masing, dalam upaya meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat.” tutup orang nomor dua dikabupaten berjuluk Bumi Beguai Jejamo Wawai ini.

(Dedi)