Lewat Musrenbang 2018, Bappeda Lamteng Prioritaskan Pembangunan Usulan Kampung

Lampung Tengah Nasional


LIPSUSNEWS.COM, Lampung Tengah_ Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Tengah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2018, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2019.
Kepala Bappeda Lampung Tengah Abdulhak mengatakan, perencanaan Musrenbang tahun 2019 masih diutamakan pada pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan juga program lainnya. 
Ia menjelaskan, untuk sasaran yang akan dicapai Pemkab Lampung Tengah adalah program prioritas pembangunan seperti pengurangan kesejangan antar wilayah melalui penguatan infrastruktur, pembangunan manusia melalui peningkatan pelayanan dasar, pemantapan ketahanan pangan melalui pertanian, industri, koperasi umkm dan perdagangan. 
 
“Kemudian yang akan kita prioritaskan program pemantapan keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat, peningkatan tatakelola pemerintahan dan peningkatan sumber daya manusia,” terang Abdulhak.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Lampung Tengah ini mengatakan, rencana pembangunan tahun ini pihaknya akan lebih utama mendengarkan dari bawah dan akan ditampung di pemerintah daerah untuk di kaji bersama, sehingga mana yang prioritas dan tidak bisa diketahui bisa terlaksana.
“Langkah ini kita ambil, karena pembangunan tahun lalu banyak program dari camat yang tak terealisasi padahal itu ajuan dari bawah. Sehebat apapun program dan perencanaan yang ada tanpa di iringi sumber daya manusia yang baik tentunya akan sia-sia.” ungkapnya. 
Musrenbang yang mengusung tema “Meningkatkan Pembangunan Daerah dan Menjaga Ketentraman serta Ketertiban Guna Pertumbuhan Perekonomian yang Berkwalitas”, dibuka langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamteng Hi. Loekman Djoyosoemarto, S.sos, di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak kemarin.

Loekman mengatakan, atas usulan, saran serta masukan dari peserta Musrenbang terhadap program dan kegiatan tersebut, maka akan menjadi bahan pertimbangan Pemkab Lamteng dalam penyusunan rancangan akhir RKPD 2019. 
“Kepada seluruh narasumber, saya ucapkan banyak terimakasih atas kerjasama dan paparannya. Semua itu akan menjadi bahan masukan kita yang sangat berarti bagi Pemkab Lamteng dalam penyempurnaan penyusunan Rancangan RKPD 2019,” ujarnya. 
Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Beguai Jejamo Wawai ini juga mengatakan, bahwa usulan program kegiatan tahun 2019 yang telah disampaikan para Kepala OPD yang telah dibahas dalam Forum OPD baik hasil Musrenbang Kecamatan maupun hasil Reses Anggota DPRD Lamteng, akan menjadi bahan penyempurnaan RKPD Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2019.
“Selanjutnya akan dibahas kembali oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah, dengan mempertimbangkan prioritas pembangunan dan kemampuan keuangan daerah terhadap program kegiatan prioritas yang memerlukan sinkronisasi, koordinasi dan konsultasi lebih lanjut dengan Pemerintah Provinsi Lampung.” tandasnya. (Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *